#SIP Arsitektur Komputer & Struktur Kognisi Manusia

Arsitektur komputer dan Sistem kognisi manusia 

Arsitektur komputer adalah sebuah ilmu untuk tujuan perancangan sistem komputer. Tujuan seorang arsitek komputer adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja yang tinggi dengan biaya yang layak, memenuhi persyaratan-persyaratan lainnya. “arsitektur komputer” memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang perancang software sistem untuk mengembangkan suatu program.

  1. Arsitektur komputer

Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara  pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll)

Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, Abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya dengan bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasinya.

  1. Struktur Kognisi Manusia

Struktur kognitif manusia adalah fakta-fakta, konsep-konsep dan generalisasi-generalisasi yang telah dipelajari dan diingat manusia.

Secara terpisah, struktur merupakan sesuatu yang dibangun atau yang disusun dengan pola tertentu. Sedangkan kognisi adalah suatu kemampuan berpikir (pengetahuan, kesadaran, kontrol, dll) dimana yang menjadi objek nya adalah diri manusia itu sendiri.

Ada beberapa aspek yang mempengaruhi struktur kognitif, antara lain yaitu:

  1. Berdasarkan kedewasaan dan perkembangan individu
  2. Sifat belajar yang lebih bermakna dari pengalaman yang terintegrasi
  3. Ketepatan dalam mentransformasi informasi stimulus dan pengalaman melalui fungsi kognisinya.

Pandangan kognitif dalam bidang informasi dianggap berbeda dengan pandangan kognitif dalam kerja otak manusia. Disini pandangan kognitif menekankan pada pemrosesan informasi yang di dapat dalam kerja otak dan kesadaran manusia. Struktur kognisi manusia merupakan bagian atau komponen yang terstruktur dalam otak manusia yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia. Sedangkan arsitektur komputer merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Kedua nya disini sama- sama membahas suatu struktur pengoperasian dasar, namun beda nya struktur kognisi diproses di dalam otak.

Hubungan arsitektur komputer dengan sistem kognisi manusia 

Dalam hal ini manusia sebagai brainwarenya , sistem kognisi manusia terjadi pada otak. Otak manusia bekerja seperti komputer yang mendesain hal-hal yang diperlukan oleh manusia itu sendiri, arsitektur komputer disini berperan sebagai perencaan awal dari proses terjadinya komputerisasi, kurang lebih mempunyai peran yang sama seperti sistem kognisi. sistem kognisi manusia dan arsitektur komputer mempunyai fungsi yang sama, yaitu mengendalikan suatu sistem. Maka arsitektur komputer dan sistem kognisi manusia berhubungan dan mempunyai makna yang hampir serupa. sistem kognisi manusia juga berperan untuk membantu membuat arsitektur komputer.

Kelebihan dan Kekurangan Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia

  1. Kelebihan dan kekurangan Arsitektur Komputer

Kelebihan :

  • Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu.
  • Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user).
  • Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan.
  • Menggunakan teknologi time sharring.
  • Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second).

Kekurangan :

  • Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya.
  • Harganya sangat mahal.
  • Interface dengan pengguna masih menggunakan teks.
  • Kerjanya sangat lama.
  • Membutuhkan daya listrik yang sangat besar.
  1. Kelebihan dan kekurangan dari struktur kognisi yaitu :

Kelebihan :

  • Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas.
  • Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar.
  • Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.

Kekurangan :

  • Membutuhkan waktu yang cukup lama

Sumber

 

Tinggalkan komentar